Kamis, 30 Oktober 2014

Russian Black and White Cake

di adaptasi dari Azlita masam manis

Untuk challenge kali ini bersama chefmate....akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuat cake "Russian white and black square cake". walaupun belum sempurna banget bentuknya, tapi rasanya bolehlah...benar2 coklat...., cocok bagi penggemar sejati coklat.....resep saya sesuaikan dengan keinginan saya. Semoga resep ini bisa menggugah para pecinta coklat.....


Russian black and white square cake
diadaptasi dari azlita masam manis
bahan :
300 gr terigu
100 gr coklat bubuk
1 sdt BP
1 sdt soda kue
3 telor utuh
400 gr gula halus
1 sdt essens vanili
250 ml susu cair
250 ml my jagung
250 ml air panas
cara :
- campur terigu, coklat bubuk, BP, soda kue, ayak sisihkan
- Kocok telor, gula dan essen vanili hingga putih
- Masukkan minyak dan susu kocok terus (sebentar) sampai tercampur/homogen, matikan mixer.
- Masukkan bahan kering yg sudah diayak dan aduk balik dengan spatula.
- Tuang air panas dan aduk rata. tuang dalam loyang ukrn. 20x20 yang telah dioles mentega/carlo, panggang dalam oven 170 decel, atau menurut oven masing2, sampai matang, kira2 1 jam dan tes tusuk jika sudah licin, berarti sudah matang.
tips : untuk mendapatkan kue yg moist lembut bisa ditambahkan 2 sdm skm.
krim keju :
12 gr gelatin
60 gr air
400 gr cream cheese (saya pake elle and vire)
50 gr icing sugar
300 ml whipping cream (saya pake Rich)
75 gr ChefMate white coklat compund
Cara :
- Campur gelatin dan air, campur hingga mengembang, cairkan white coklat compound dengan cara di tim
-  Campur cream cheese dan gula, kocok hingga lembut campurkan gelatin, white coklat dan kocok hingga halus licin,
- Di wadah lain, kocok whipping cream hingga kental, jadikan satu dengan adonan cream cheese hingga tercampur rata, masukkan dalam piping bag dan simpan dalam kulkas.
Ganache:
250 ml whipping cream (Rich)
40 gr sirup glukosa/gula cair
400 gr dcc ChefMate
30 gr butter
cara :
- Didihkan krim dan sirup hingga sampai berbuih kecil saja, tuang ke dalam dcc Chefmate yang telah dicincang halus
- Aduk rata, tambahkan butter, aduk rata, dinginkan
Sekarang menyusun cakenya :
1. Cake yang sudah matang dan dingin dibagi 4 bagian ( kalau saya krn belum ahli memotong bagian2 kue, jadi waktu memanggang saya bikin di 4 loyang)
Letakkan di atas meja putar, sapukan cake dengan sirup gula (saya 3 sdm gula dilarutkan dng air panas 2sdm).
2. Lalu sempritkan secara menyerong/diagonal dimulai dari tengah dengan ganache coklat, diikuti krim keju, lakukan selang seling hingga habis. masukkan kulkas 5 menit, sisihkan
3. setelah 5 mnt, kemudian keluarkan, tumpuk dengan cake berikutnya, sapukan dengan sirup gula, beri ganache dan cream cheese seperti cara tadi. sampai cake terakhir
4. Kemudian cake terakhir tutupi semua dengan cream cheese hingga tercover semua, masukkan kulkas lagi 5 mnt
5. Ambil ganache tadi, jika agak beku bisa dipanaskan kembali, suam2 siramkan ke atas cake tadi hingga tertutup semua lapisan atasnya, tuang dari tengah cake, dan siram pinggir2nya, samping tidak apa2 tidak tertutup, karena nanti akan kita potong untuk menampilkan motifnya.
6. setelah di ganache masukkan kulkas lagi, sampai set, lalu keluarkan, dan kita potong tiap sisi cake, hingga motif dari fillingnya terlihat.
Selamat mencoba....
cara mengisi filling, saya ambil dari cara Azlita masam manis, karena saya lupa foto sbb : 
 

Cara menumpuk tiap layer yang telah di filling saya ambil juga dari cara Azlita masam manis :


Dan dibawah ini hasilnya, karya saya belum sempurna sekali.....

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar