Kamis, 11 September 2014

SELAT SOLO

Resep diambil dari tabloid Nova, dari resep oleh  Nuraini W., Erwin K.
Cari-cari resep selat Solo yang simple tapi enak dan bisa dibuat untuk versi diet, saya menemukan resep ini, maka saya pilihlah ini......enak lo...asli...

BAHAN:
500 gr daging has dalam, tanpa lemak
½ bh bawang bombai, iris tipis
4 sdm mentega (saya pakai margarin meadow lea no salt)
500 ml air

BUMBU PERENDAM:
1 sdt lada bubuk
1 sdt pala bubuk
3 siung bawang putih, haluskan
4 sdm kecap manis
1 sdt cuka
1 btr telur, kocok lepas (saya pake putih telur aja)

PELENGKAP:
Telur rebus, potong-potong
Acar mentimun
Kentang, kukus, potong-potong
Buncis, potong-potong, rebus
Wortel, rebus, potong-potong

BAHAN SAUS:
2 sdm mentega (saya pake meadow lea yang no salt)
250 ml kaldu
2 kuning telur (saya skip, krn utk suami yg sedang diet)
1 sdm tepung maizena
1 sdt mustard
2 sdm gula pasir
1 sdt garam (saya tidak pake lagi, karena sudah dapat asin dari kecapnya, pake bango)
½ sdt lada bubuk
½ sdt cuka








CARA MEMBUAT:
1. Iris tipis daging, lumuri dengan bumbu perendam, diamkan 1 jam.
2. Tumis bawang bombai sampai harum, masukkan daging, aduk hingga
berubah warna. Tuang 250 ml air, masak dengan api kecil sambil
tambahkan sisa air hingga daging lunak.
3. Buat saus: masak semua bahan saus, kecuali mentega, sambil diaduk
hingga meletup-letup. Angkat dari api, lalu masukkan mentega, aduk
rata.
4. Hidangkan selat solo bersama pelengkapnya.

Note: kalau untuk santapan normal, bahan2 tidak perlu diganti ya....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar